lebih baik semua orang tau

Thursday, October 19, 2017

Gammu Error : Failed to allocate memory

Gammu merupakan sebuah aplikasi yang dapat menjadikan sebuah komputer menjadi server untuk SMS Gateway, dimana dengan aplikasi ini komputer dapat mengirim pesan melalui melalui modem atau telpon yang disambungkan ke komputer tersebut. 

error failed to allocate memory


Salah satu error yang ada pada gammu adalah "Failed to allocate memory", error ini disebabkan karena OS tidak bisa lagi mengalokasikan tempat untuk gammu berjalan dalam memory-nya. 

Untuk mengetahui apakah benar OS tidak bisa menyediakan lagi tempat, maka bisa kita cek menggunakan command TOP pada user linux, saya mengambil contoh linux karena saya pribadi menggunakan OS linux. Setelah memastikan bahwa memory yang dimiliki tidak cukup, maka solusi sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mengkill service gammu dan menjalankannya kembali atau kita bisa restart service gammu tersebut.

Penyebab utama memory habis karena adanya error saat gammu eksekusi query, misal saat insert ke database yang akhirnya membuat gammu menjalankan terus proses tersebut berulang sampai memory habis. Jadi kita harus menyelesaikan terlebih dahulu permasalahan error query tersebut setelah restart service gammu. Karena setelah direstart maka akan diketahui error apa yang menyebabkan memory habis.

Jadi salah satu cara untuk mengatasi error Failed to allocate memory adalah seperti cara di atas. Setelah mengetahui solusinya, bagaimana untuk mencegah agar kedepannya tidak terjadi hal tersebut?, maka kita bisa membuat crontab pada linux atau scheduler pada windows. Untuk cara membuat crontab anda bisa melihat pada link yang saya bagikan.

Link : Membuat schedule pada linux dengan crontab

Share:

0 comments:

Post a Comment

Bagikan Saja

Search This Blog

Blog Archive