lebih baik semua orang tau

Sunday, October 15, 2017

Remote Client menggunakan UltraVNC

Bagi seorang IT adminstrator kemudahan dalam mengakses komputer client menjadi tuntutan dalam bekerja, apalagi jika harus mengawasi banyak komputer client maka dibutuhkan tenaga ekstra, bukan hanya untuk memantau namun juga tenaga yang dihabiskan untuk mondar-mandir ke client, karena itu dibutuhkan cara yang efisien untuk dapat memantau komputer client sehingga bisa mengurangi waktu dan tenaga yang seharusnya tidak perlu dibuang sia-sia.

Kebanyakan teman-teman IT akan menggunakan remote desktop karena ini merupakan cara yang sangat mudah dan nyaman, apalagi semua komputer client terhubung dengan jaringan kantor. Salah satu contoh aplikasi yang bisa digunakan adalah UltraVNC, aplikasi ini menggunakan jaringan lokal kantor dan tidak bisa remote komputer yang berada diluar jaringan kantor.

Untuk mengakses komputer diluar jaringan kantor kita bisa memanfaatkan aplikasi seperti TeamViewer, namun kita tidak akan membahas tentang TeamViewer. Menurut beberapa forum UltraVNC bisa digunakan untuk akses komputer menggunakan IP publik tapi tanpa pengetahuan tentang jaringan dan setting pada router sepertinya mustahil bisa dilakukan.

Keunggulan UltraVNC menurut saya adalah mudah dalam hal transfer file dan fitur untuk send CTRL+ALT+DEL misal komputer client kita hang :D (pengalaman pribadi).


Menurut saya, UltraVNC lebih dari cukup untuk membantu dalam pekerjaan sebagai seorang IT adminstrator. Kalo misal ada aplikasi yang lebih baik, bisa corat coret di kolom komentar.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Bagikan Saja

Search This Blog

Blog Archive