lebih baik semua orang tau

Tuesday, October 24, 2017

"Krack" Bisa Bobol Wi-Fi WPA2

Wi-Fi Protected Access II (WPA 2) saat ini masih menjadi protokol Wi-Fi yang paling aman, namun sekarang kita perlu khawatir, pasalnya seperti yang dikutip dari Tekno Kompas, seorang peneliti asal Belgia dari Katholieke Universiteit Leuven telah menemukan celah keamanan yang mampu membobol jaringan WPA2. Celah tersebut bernama "Krack".

Krack atau Key Re-Installation Attack. mampu menyadap berbagai macam informasi yang dikirim oleh perangkat klien ke internet melalui Wi-Fi. Kabarnya dampak Krack sudah meluas karena sebagian besar perangkat menggunakan jaringan Wi-Fi, dan hampir setiap perangkat di rumah menggunakan jaringan Wi-Fi. Meskipun belum ada report tentang kerugian dari Krack, namun ketika anda menggunakan jaringan Wi-Fi dengan kemanan WPA2 maka dipastikan jaringan anda memiliki celah yang bisa dieksploitasi oleh Krack.

Bagaimanakah Krack bisa membobol jaringan WPA2? ketika perangkat client ingin tersambung ke Wi-Fi, maka kedua perangkat akan melakukan 4-way handshake yang menggunakan kunci enkripsi. Kunci inilah yang digunakan oleh Krack dengan merubah kunci tersebut.

Ternyata Android dan Linux menjadi OS yang paling rentan diserang oleh Krack, seperti yang dikutip oleh Kompas Tekno OS Android ternyata menggunakan wpa_supplicant, sebuah klien Wi-Fi yang umum digunakan di Linux. Namun meski demikian, setelah diketahui adanya celah tersebut beberapa vendor perangkat dan software mulai mengupdate sistem mereka untuk menambal celah tersebut.

Sumber : Kompas Tekno
Share:

0 comments:

Post a Comment

Bagikan Saja

Search This Blog

Blog Archive